Membuat efek gelembung balon dengan lebih mudah.

Teman-teman, pada postingan kali ini, saya akan bagikan sedikit nih cara bikin efek gelembung balon  dengan cara yang lebih mudah. Sebelumnya silahkan temen-teman siapkan dulu secangkir kopi hangat dan snake... eh snack buat teman bekerja.


Kalau udah siap kita mulai ya, pertama buka dulu program Adobe Photoshop teman-teman, nggak perduli versi berapa yang penting Photoshop. Saya pake yang CS3. Kemudian ikuti langkah berikut:
  1. Siapakan dokumen image baru, klik File New atau Ctrl + N, lalu atur dokumen sbb:
  2. Warnai layer background dokumen dengan warna yang teman-teman suka, saya pilih warna biru nih.
  1. Buat layer baru di atas layer backgorund, caranya klik menu layer > New > Layer (Shift + Ctrl + N) atau klik ikonCreate a New Layer pada palet layer.
  2. Selanjutnya kita akan membuat lingkaran untuk gelembung balonnya. Aktifkan toolbox elliptical marquee tool terlebih dahulu.
  3. Nah, sekarang silahkan buat area lingkaran untuk gelembung balonnya, besarnya terserah teman-teman, yang jelas kalau lingkarannya mau bener-bener bulat, jangan lupa tekan dan tahan tombol Shift di keyboard.
  4. Kalau sudah jadi, tinggal warnai sedikit sisi dalam lingkaran menggunakan brush tool, jadi sekarang aktifkan dulu brush tool pada toolbox.
  5.  Lalu untuk warna balon silahkan pilih warna dengan mengubahnya pada kotak foregound color di toolbox. Saya pilih warna putih ya. Untuk jenis brush pilih pada option bar brushtool atau klik kanan brushtool. Pilih jenis brush yang sisi luarnya ngeblur seperti pada gambar. Saya pilih brush yang besarnya 100 px.
  6. Selanjutnya kita warnai sedikit sisi dalam area area lingkaran. Mewarnainya harus dari sisi luar lingkaran. Jadi posisikan pointer brush tool di sisi luar lalu drag mengelilingi area luar lingkaran dengan perlahan dan hati.hati... jangan sampe kepeleset... hehehe...
  7. Kita bisa menambahkan sedikit efek pantulan sinar pada gelembung balon, masih menggunakan brush tool, hanya dengan jenis brush yang lebih kecil, misalnya yang 27 px, lalu warnai bagian dalam gelembung balon yang akan diberi efek pantulan cahaya, supaya gelembung balonnya nampak lebih realistis.
  8. Untuk membuat gelembung balonnya jadi banyak, teman-teman tinggal copy layer saja layer 1 dengan Ctrl + J, lalu pindahkan ke posisi lain pakai toolbox Move Tool. Lalu atur besar kecilnya gelembung balonnya dengan Edit > Transform (Ctrl + T). Nih contoh hasil akhirnya.
Mudah bukan? Selamat mencoba dan terus berkarya.

0 komentar untuk posting ini.:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar sobat dengan santun, tidak menyinggung pihak lain, tidak berupa link aktif sehingga dianggap spam.
Sobat tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, URL bisa dikosongkan atau diisi dengan alamat Facebook sobat.
Terimakasih sudah berkunjung.