Workshop "Consolidation toward Success"

Ini hanya sekedar goresan tangan yang iseng aku buat, dan nggak tahu kemana atau apa tuujuannya. Hanya sekedar ingin berbagi saja. 
Sabtu 22 Oktober - Minggu 23 Oktober 2011, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti workshop panitia Pekan Kekerabatan IX - Jumpa Karya Penegak
yang kegiatannya sendiri akan dilangsungkan di Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan. PK/JKP merupakan kegiatan rutin Tim Kerja Kepramukaan Majelis Nasional Pendidikan Katolik, sebuah kegiatan pertemuan para penegak dalam regio TKK MPK JABALAMBANG.

Malam sebelum workshop, bersama beberapa rekan panitia yang lain, kami mempersiapkan berbagai keperluan untuk workshop, mulai dari tempat, pasang spanduk, menyiapkan ATK, dll. Sampai kira-kira pkl.. 23:00 akhirnya go to home.

Esoknya langsung menuju kembali ke lokasi di Rumah Retret Giri Nugraha KM.7 Palembang untuk memulai workshop. Langsung bantu-bantu teman-teman melakukan registrasi peserta, dan masuk sekretariat menyiapkan keperluan panitia, peserta dan nara sumber.
Seperti biasalah, kegiatan awal diawali dengan ceremony, sambutan-sambutan petinggi, perkenalan dengan para nara sumber yang saat itu di wakili oleh petinggi-petinggi TKK MNPK dari berbagai propinsi di P. Jawa dan Sumatera, dipimpin oleh Kak Antonius Daud (yang ternyata belakangan saya ketahui ternyata juga "wong kito") xixixixi....

Habis break makan siang, temen-temen peserta melanjutkan kegiatan penyusunan program kerja PK-IX sesuai bidang masing-masing. Sekretariat nggak bisa santai, jutru terjun juga dalam pembahasan program kerja bidang kesekretariatan. Jadi dobel nih pekerjaan. Gpp, tetap semangat.
Pembahasan dilanjutkan hingga malam pukul 22:00 WIB, setelah itu rekan-rekan peserta istirahat, dan kami melanjutkan pekerjaan, mempersiapkan piagam, membuat laporan masing-masing bidang hasil sidang masing-masing bidang. Sampai akhirnya lebih kurang pukul 02:00 WIB. Padahal kondisi fisik saat itu sungguh tidak mendukung. Spondilasys lumbal sungguh menyiksa, tetapi semangat tetap masih ada.... hehehehe...

Minggu pagi, diawali dengan ibadah (misa pagi)... Nah.... karena terlalu capeknya semalam, akhirnya saya dan teman satu kamar yang namanya paling keren, Ig. Danang Prambudi nggak iktu misa. Bangun saja sudah pukul 08:00 WIB (...maafkan kami, God.). Akhirnya buru-buru mandi, dan langsung "terbang" ke sekretariat. Wah... kgiatan sudah mulai tuh... Peserta ssudah mulai memasuki sesi pleno, masing-masing mempresentasikan hasil kerja bidangnya. Yang jelas, pagi itu kami nggak sarapan.....(salahe dewe mas...)

Pekerjaan hari ini di sekretariat begitu menumpuk, nggak habis-habis... Satu minta copy data, datang lagi minta tolong print out, datang lagi pinjam flashdisk, belum lagi pembuatan dan pencetakan data piagam peserta... Mumet....met...met? Nggak juga. Ini yang patut dicontoh, dengan segala keterbatasan sarana, rekan-rekan panitia di sekretariat, ternyata sungguh-sungguh saling bahu membahu, tolong menolong, sehingga semua kesulitan dan kesenangan dirasakan bersama. Tidak ada gaps, semua terlibat, semua bekerja, satu senang semua senang, satu kesulitan semua membantu.
Akhirnya, setelah melalui proses kerja kelompok, kerja bidang, dan diakhiri dengan pleno, maka workshop ini diakhiri dengan menyerahkan dokumen workshop kepada Tim TKK MNPK dan akan ditindaklanjuti. Workshop akhirnya berakhir sore hari lebih kurang pukul 16:00 WIB.
Lalu apa materi workshop nya? Sengaja tidak saya singgung di sini, takut terlalu panjang. Ini hanya sekedar berbagi cerita tentang coretan tanganku. Dan akupun nggak tahu, apakah temen-temen dapat mengambil sesuatu dari coretan ini, coretan nggak jelas.... hehehehe...

0 komentar untuk posting ini.:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar sobat dengan santun, tidak menyinggung pihak lain, tidak berupa link aktif sehingga dianggap spam.
Sobat tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, URL bisa dikosongkan atau diisi dengan alamat Facebook sobat.
Terimakasih sudah berkunjung.