Prinsip Presentasi dengan Power Point

Seiring dengan kemajuan komputer, presentasi yang dahulunya menggunakan proyektor dan kertas transpraran, sekarang sudah banyak yang menggunakan LCD Projector serta program MS Powerpoint yang memudahkan kita dalam
menyusun dan menampilkan presentasi. Dalam bahasan kali ini, kita akan menampilkan prinsip pembuatan presentasi yang sering tidak disadari ketika membuat presentasi.

Adapun, prinsip dasarnya adalah
  1. Clarity (Kejelasan) dan Size (Ukuran).
  2. Simplicity (Kesederhanaan).
  3. Progression (Langkah demi Langkah).
  4. Consistency (Konsisten).

Oke sobat, sekarang masing-masing prinsip tersebut akan kita bahas satu persatu:
  1. Clarity (Kejelasan) dan Size (Ukuran)

  2. Jangan gunakan font yang terlalu kecil. Tulisan harus dapat dilihat dengan jelas pada jarak 2 meter, sehingga tulisan minimal adalah 24 pixel. Untuk pilihan Font, gunakan pilihan Sanserif (yang ujungnya tidak banyak variasi. Pilhan Serif akan menyulitkan pembacaan. Jangan gunakan Italic untuk menekankan frase tertentu. Italic sukar dibaca dalam tampilan LCD. Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan warna lain, cetak tebal atau garis bawah sebagai penekanan. Jangan pula menggunakan HURUF BESAR SEMUA, karena akan sulit dibaca. Gunakan penomoran angka untuk menandai urutan Gunakan bullet bila urutan tidak diperhatikan.

  3. Keep It Simple, Stupid (KISS)

  4. Jangan membuat presentasi anda terlalu ramai dengan warna-warna yang tidak perlu, baik warna font yang beraneka ragam, ukuran font yang berbeda-beda dan sebagainya. Presentasi dibawah ini tidak terlalu bagus karena warna-warnanya terlalu banyak dan permainan font dan styles yang justru mengaburkan inti presentasi .
    • Tidak lebih dari 6 baris per slide
    • Tidak lebih dari 7 kata per baris
    Jangan gunakan terlalu banyak gambar, suara, maupun transisi antar halaman ribet. Transisi “appear” dan “dissappear” sudah mencukupi. Gambar yang terlalu banyak dengan penempatan yang tidak proporsional seperti ini justru mengganggu point yang akan disampaikan. Gunakan kontras huruf yang baik, sehingga huruf lebih mudah dibaca dan enak dipandang.

  5. Be Consistent (Konsistensi)

  6. Perbedaaan yang tiba-tiba akan menekankan sesuatu. Namun jangan gunakan pembeda yang tidak konsisten. Gunakan kejutan-kejutan untuk menarik, bukan justru mengaburkan.



Dan pada akhirnya:

  1. Kunci dari keberhasilan presentasi adalah komunikasi. Bagaimanapun baiknya konsep presentasi anda, tetapi apabila dibawakan secara kurang menarik, hasilnya juga tidak maksimal
  2. Powerpoint hanya berfungsi untuk menunjang presentasi, bukan ‘kerpek-an” atas apa yang akan anda ucapkan dalam presentasi
  3. Gunakan diagram / gambar untuk menggambarkan konsep yang komplek
  4. Apabila mungkin, gunakan animasi untuk  menggambarkan hubungan yang kompleks
  5. Gunakan sound bila memang diperlukan
  6. Gambar hanya sebagai penunjang saja

Semoga bermanfaat.

0 komentar untuk posting ini.:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar sobat dengan santun, tidak menyinggung pihak lain, tidak berupa link aktif sehingga dianggap spam.
Sobat tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, URL bisa dikosongkan atau diisi dengan alamat Facebook sobat.
Terimakasih sudah berkunjung.