Dasar Notasi Balok

Web hosting

Musik merupakan bunyi yang tersusun dari rangkaian nada-nada dan melodi yang indah dan teratur sehingga dapat ditangkap oleh indra pendengar sebagai bunyi yang enak didengar, dan dapat memesona jiwa. Sistem penulisan musik dikenal dengan istilah notasi musik, dimana nada dilambangkan dengan sebuah not. Tulisan musik sendiri biasanya dikenal dengan istilah partitur musik.

Ada dua macam notasi musik yang kita kenal, yaitu notasi balok dan notasi angka. Notasi musik standar saat ini adalah notasi balok, yang didasarkan pada paranada dengan lambang untuk tiap nada menunjukkan durasi dan ketinggian nada tersebut. Tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Durasi nada ditunjukkan dalam ketukan.
Untuk dapat menguasai musik dengan baik dan benar, memang sebaiknya kita belajar notasi balok yang menjadi standar bermain musik.

Buat anda semua yang ingin belajar tentang not balok, pada postingan kali ini saya akan membagikan mengenai dasar-dasar notasi balok. Dalam notasi balok, ada beberapa unsur yang perlu kita ketahui:

1. Paranada/sangkar nada.
yaitu tempat untuk meletakkan simbol tanda kunci dan not balok itu sendiri. Paranada terbentuk dari garis sejajar horisontal yang terdiri dari dari 5 garis dan empat spasi. Jumlah garis dan spasi dihitung mulai dari yang paling bawah.


2. Bentuk dan nilai not
BENTUK NOT NAMA NOT NILAI NOT
Not Penuh 4 ketukan
Not Setengah 2 ketukan
Not Seperempat 1 ketukan
Not Seperdelapan 1/2 ketukan
Not Seperenambelas 1/4 ketukan

3. Tanda Kunci / Clef.
yaitu simbol yang menunjukkan letak sebuah nada pada paranada.
Ada beberapa tanda kunci, diantaranya
  • Kunci G atau sering disebut juga kunci Biola, biasanya digunakan untuk menulis partitur musik yang bersuara tinggi.

Kunci G adalah tanda musik yang terletak di awal setiap paranada, berfungsi untuk menunjukkan letak not g’ yaitu pada garis kedua paranada.


Jika letak not g’ pada paranada sudah diketahui, maka not yang lain akan mudah kita ketahui pula. Gambar di bawah ini menunjukkan letak susunan nada pada kunci G.


  •     Kunci F yang sering dikenal dengan nama kunci Bass, biasanya digunakan untuk menulis partitur musik yang bersuara rendah

Kunci F adalah tanda musik yang terletak di awal setiap paranada, berfungsi untuk menunjukkan letak not f yaitu pada garis keempat paranada.


Semoga bermanfaat. Silahkan share ini untuk teman-teman anda lainnya.

0 komentar untuk posting ini.:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar sobat dengan santun, tidak menyinggung pihak lain, tidak berupa link aktif sehingga dianggap spam.
Sobat tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, URL bisa dikosongkan atau diisi dengan alamat Facebook sobat.
Terimakasih sudah berkunjung.